Jumat, 17 Oktober 2014

kajian semantik sederhana



Homonim adalah kata yang pengucapan dan penulisannya sama akan tetapi mempunyai arti/makna yag berbeda.
Contoh :
-          di kutub utara terdapat banyak sekali beruang
-          banyak orang yang beruang seringkali lalai untuk membayar zakat
kata beruang diatas mempunyai makna yang berbeda, dari kalimat pertama beruang berarti hewan yang hidup di kutub utara. Sedangkan beruang yang terdapat pada kalimat kedua berarti orang yang mempunyai banyak uang.
Homofon berasal dari  kata homo yang bermakna sama, dan fon (phone) yang bermakna bunyi. Jadi homofon adalah kata yang pengucapannya sama, namun tulisan dan maknanya berbeda.
Contoh :
-          Massa aksi yang menentang kebijakan kenaikan BBM mengadakan long march dari monas hingga ke bundaran HI
-          Miroslav klose menjadi top skor sepanjang masa di piala dunia mengalahkan rekor yang selama ini dipegang oleh ronaldo
Perhatikan kata massa dan masa, pengucapan dari dua kata tersebut sama namun tulisan serta maknanya berbeda. Massa mempunyai arti masyarakat, sedangkan masa mempunyai arti waktu.
Homograf atau homograph (homo dan graph) adalah kata yang penulisannya sama namun pengucapan dan maknanya berbeda.
Contoh :
-          Andi memberi apel pada adiknya
-          Hari senin semua civitas akademika SMP suaka alam mengadakan apel pagi.
Ingat!, bahwa homograph adalah dua kata yang mempunya kesamaan dalam tulisan, bukan kesamaan ucapan. Kata apel pada kalimat pertama mempunyai makna buah-buahan. Sedangkan kata apel pada kalimat kedua mempunyai makna upacara.
Polisemi adalah kata yang mempunyai makna lebih dari satu, karena banyaknya komponen konsep dalam pemaknaan suatu kata. Contoh kata kepala, “kepala” mempunyai arti yang banyak tergantung bagaimana susunan kalimatnya.
Contoh :
-          Tiga hari lagi jokowi akan dilantik menjadi kepala negara (pimpinan)
-          Terbentur dinding, kepala seno benjol (bagian tubuh manusia).
Hipernim dan hiponim
Hipernim adalah kata yang bermakna umum (kata yang mewakili kata hiponim), sedangkan hiponim adalah kata yang bermakna khusus (kata yang diwakili oleh hipernim).
Contoh hipernim : hantu
Contoh hiponim : pocong, kuntilanak, kolongwewe dll.
Contoh hipernim : buah
Contoh hiponim : jeruk, apel, jambu, durian dll.
Meronim dan holonim                                                                    
Meronim adalah bagian atau anggota penyusun sesuatu, sedangkan holonim adalah bagian lebih besar yang disusun oleh meronim.
Contoh : kornea (meronim) merupakan bagian penyusun mata (holonim).
Metonimia adalah sebuah majas yang menggunakan sepatah-dua patah kata yang merupakan merek, macam atau lainnya yang merupakan satu kesatuan dari sebuah kata.
Contoh:
  1. Rokok diganti Djarum atau Gudang Garam.
  2. Mobil diganti dengan Kijang.
Terapan dalam kalimat :
  1. Ayah membeli sebatang Djarum Coklat.
  2. Kakak pergi naik Kijang hijau.
Kata Djarum Coklat pada kalimat di atas bukanlah merupakan benda aslinya (sebuah jarum berwarna coklat), melainkan sebuah merek dari sebuah rokok/kretek. Kata Kijang hijau pada kalimat di atas bukanlah merupakan benda aslinya (seekor kijang yang bewarna hijau), melainkan sebuah merek mobil Toyota.
Paronim adalah kata yang berasal dari bahasa lain, contoh kata paham, berasal dari kata bahasa arab fahm yang berarti mengerti secara gamblang.

1 komentar:

  1. MGM Resorts International announces new location in Las Vegas
    MGM Resorts International has 광주 출장안마 announced the completion of its $650 million redevelopment of the Las 평택 출장안마 Vegas 구리 출장샵 Strip. Beginning in 세종특별자치 출장마사지 mid-2021, 충청남도 출장마사지

    BalasHapus